Rumput Laut Yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Kita

Rumput Laut Yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Kita

Rumput Laut Yang Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Kita

Manfaat Rumput Laut

Rumput Laut  – Kita pasti sudah sering mendengar atau bahkan melihat tanaman yang satu ini, rumput laut merupakan sejenis gulma laut.Rumput laut merupakan  alga makroskopik yang hidup diperairan laut Rumput laut ini memiliki berbagai macam manfaat  untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya adalah Dapat menyehatkan kulit, Membantu dalam program diet, mencegah penuaan dini dan lain sebagainya seperti yang saya uraikan dibawah.Pemanfaatan dari rumput laut  ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan kosmetik disamping itu juga dimanfaatkan untuk campuran es buah dan bahan pembuatan agar – agar. Jadi tidak heran jika tanaman rumput laut banyak dibudidayakan di daerah pesisir pantai karena memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat setempat.

Nama latin atau ilmiah dari rumput laut ini adalah Spinifex littoreus, sering juga disebut sebagai gulma laut walau istilahnya tidak begitu popular.Rumput laut tidak memiliki akar, daun dan batang sejati.Seluruh bagian rumput laut merupakan thallus , thallus pad a rumput laut ada yang bercabang dan ada yang tidak bercabang.Tanaman ini menempel pada pasir, karang ,kayu yang berada dilaut dangkal hingga mencapai kedalaman 200 meter.Untuk budidaya rumput laut ini diikat dengan tali yang panjang dan didiamkan beberapa bulan dilaut dangkal, lalu bisa dipanen. Ada beberapa jenis rumput laut yang dikenal dan umumnya tumbuh diperairan Indonesia diantaranya adalah Eucheuma Spinosum. Eucheuma muricatum, Eucheuma cottonii, Gracilaria spp, dan Gelidium spp.

Kandungan Nutrsi Pada Rumput Laut

Rumput laut mengandung nutrisi : Protein ,Karbohidrat , Lemak, Serat, Asam Nukleat , Asam Amino, Vitamin A, Vitamin B , Vitamin C ,Vitamin D, Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Zat besi, Mangnesium.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Kita :

1.    Menyehatkan Kulit
Dengan sering mengkonsumsi rumput laut maka bisa berdampak positif pada kesehatan kulit, terutama wajah.Kandungan Vitamin E dan senyawa sejenis fenol bisa berfungsi sebagai antioksidan dan bisa menjaga kesehatan kulit kita.Untuk masker wajah sudah banyak sekali produk- produk yang berbahankan rumput laut, karena rumput laut terbukti dapat membuat wajah kita menjadi cerah dan sehat.

2.    Membantu Dalam Program Diet
Bagi yang berdiet sangat baik untuk mengkonsumsi rumput laut, hal ini dikarenakan kandungan serat pangan pada rumput laut bisa membuat perut kita kenyang lebih lama.Disamping itu juga kandungan serat  yang ada pada rumput laut bisa menyehatkan pencernaan kita.

3.    Meningkatkan Imunitas Tubuh Kita
Tubuh yang  tidak gampang terserang penyakit merupakan idaman kita semua.Dengan mengkonsumsi rumput laut bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh kita terhadap penyakit.Rumput laut berkerja dengan meningkatkan produksi antibody , cytokines dan sel – sel lain sehingga dapat membantu dalam menyembuhkan infeksi.

4.    Mencegah Osteoporosis
Menipisnya kepadatan tulang dapat kita cegah dengan mengkonsumsi rumput laut.Kandungan Kalsium pada rumput laut bisa mencegah pengeroposan pada tulang kita dan juga bisa membantu menjaga kesehatan gigi, kuku dan rambut.

5.    Dapat Mencegah Penyakti Kanker
Khasiat lainnya dari rumput laut ternyata juga bisa mencegah penyakit kanker .Kandungan senyawa Lignan mampu membunuh bibit- bibit kanker dan mampu juga memperhambatnya.Berdasarkan penelitian kandungan asam folat yang tinggi pada rumput laut bisa mencegah kanker usus besar.

6.    Mencegah Penuaan Dini 
Rumput laut juga bisa mencegah penuaan dini , kandungan vitamin A yang ada pada rumput laut adalah salah satu solusi dalam mencegah Penuaan dini.Disamping itu juga Vitamin A bisa menyehatkan mata kita, sehingga bisa menghindarkan mata kita dari Katarak.

7.    Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
Kandungan yang ada pada rumput laut berupat zat besi bisa membantu dalam produksi sel darah merah.Sel darah merah merah ini sangat berguna sekali dalam menyuplai oksigen keseluruh tubuh.
Rumput laut ini ternyata memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita untuk itu sangat dianjurkan sekali agar kita bisa mengkonsumsi rumput laut ini .Jadi tidak heran jika rumput laut ini memiliki nilai ekonosmis sehingga banyak dibudidayakan.Demikianlah artikel singat ini dibuat semoga bermanfaat.Amin

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »