Cara Mengatasi Gusi Bengkak Tanpa Menggunakan Obat

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Tanpa Menggunakan Obat - Gusi Bengkak merupakan salah satu penyakit pada mulut yang sangat menggangu bila hal itu terjadi pada diri kita.
Gusi bengkak kerap kali terjadi pada mulut dikarenakan banyaknya plak yang menumpuk pada gigi sehingga meyebabkan terjadinya pembengkakan. Biasanya plak pada gigi muncul pada saat kita makan ataupun minum, selain itu plak juga mengandung banyak bakteri yang dapat memicu terjadinya pembengkakan pada gigi.

Cara Mengatasi
Gusi yang sehat serta kuat tidak berdarah pada saat gosok gigi ataupun bersentuhan dengan yang lain, selain itu ciri-ciri gusi yang sehat biasanya ditandai dengan warna merah muda, dapat menahan gigi dengan kuat serta kencang.

Gusi bengkak juga dapat disebabkan oleh pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi lain yang tidak tepat, sensitivitas gusi akibat penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur, atau bisa juga akibat efek obat-obat dilantin, fenobarbital, atau obat penghambat saluran kalsium.
Cara Mengatasi Gusi Bengkak
Gangguan ringan, seperti gusi bengkak, umumnya dapat ditangani dengan memberikan lebih banyak perhatian pada kebersihan mulut. Sikat gigi dua kali tiap hari dan lengkapi kebersihannya dengan menggunakan benang gigi

Untuk membantu mengatasi gusi bengkak, penderita disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah, serta menghindari merokok, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung glukosa tinggi.

Gusi bengkak yang disebabkan oleh gigi sensitif terhadap pasta gigi, dapat diatasi dengan mengganti produk yang biasa digunakan. Jika gusi bengkak disebabkan oleh produk obat kumur, segera hentikan penggunaannya. Sedangkan, jika hal itu merupakan reaksi dari obat yang Anda konsumsi, maka konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan mengganti obat tersebut dengan yang lain. Penghentian atau penggantian obat harus selalu dalam pengawasan dokter.

Penanganan lain di dokter gigi untuk mengatasi gusi bengkak akibat plak bisa melalui pembersihan dengan prosedur scalling. Selain itu, untuk kasus tertentu dapat dilakukan root planning untuk membersihkan

Gangguan gusi yang sudah tergolong parah, kemungkinan membutuhkan penanganan lebih lanjut. perlu mendapatkan pengobatan, termasuk obat pereda nyeri, antibiotik serta obat kumur khusus mengandung klorheksidin, atau hidrogen peroksida.

Bila gusi bengkak atau gangguan gusi lain berlangsung lebih dari dua minggu, segera temui dokter gigi.
Banyak cara sederhana yang dapat kita lakukan yakni seperti menyikat gigi secara teratur dengan baik dan benar adalah salah cara paling efektif untuk mengatasi gusi bengkak serta berbagai gangguan lainnya yang terjadi pada mulut dan gigi
Gunakan sikat gigi dengan berbahan nilon, jika sikat gigi yang berbahan keras dapat menganggu enamel gigi atau gusi. Banyak yang menggerakkan sikat gigi secara maju mundur, padahal menyikat gigi sebaiknya dilakukan dengan gerakan memutar.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya gusi bengkak kembali yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :
  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, termasuk kalsium dan vitamin C.
  • Perbanyak minum air putih dan hindari makanan atau minuman yang terlalu panas atau dingin.
  • Jauhi rokok atau produk tembakau lain.
  • Lakukan relaksasi. Stres berlebihan dapat meningkatkan risiko peradangan, termasuk gusi.

Peran gusi dalam mulut sangatlah penting. Gangguan yang terjadi pada gusi dapat berakibat pada bagian mulut lain. Jaga kebersihan mulut dengan cermat dan rutin melakukan perawatan tiap enam bulan ke dokter gigi demi memiliki gusi dan gigi yang sehat.

Demikianlah  Cara Mengatasi Gusi Bengkak Tanpa Menggunakan Obat, semoga bermanfaat, terima kasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »