Manfaat Utama Batang Serai Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Utama Batan Serai

Manfaat Batang Serai – Batang serai yang banyak ditanam oleh masyarakat ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Saya pribadi sangat berterima kasih sekali pada nenek moyang kita dahulu yang telah mengenalkan tanaman batang ini menjadi bumbu masakan.Batang serai yang mudah tumbuh ini terutama di daerah dataran rendah sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya : mengatasi gangguan pencernaan, mengobati kanker, mencegah infeksi dan masih banyak lagi seperti yang akan diuraikan dibawah ini.

Tanaman serai ini memiliki nama latin Cymbopogon Citrus, yang sering dimanfaatkan untuk bumbu masakan dan pengharum makanan. Kandungan dari sereh adalah minyak atsiri yang terdiri dari Sitrat, Sitronelol, a- pinen, Kamfen, sabinen, Mirsen, limonen, terpinol, geraniol,Farnesol ,anti mikroba ,antioksidan dan masih banyak lagi.

Tanaman serai ini memiliki ciri – ciri berdaun panjang, dengan bentuk daun melengkung yang menyatu dengan batang dan memiliki aroma khas.Tanaman serai atau sereh memiliki kandungan minyak yang sering kita sebut minyak atsiri.Minyak Atsiri serai atau sereh ini memiliki manfaat untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh staphylococcus aureus, sehingga mampu menganggu pertumbuhan kuman di dalam tubuh kita.

Berikut ini adalah berbagai manfaat Sereh atau serai bagi kesehatan tubuh kita diantaranya sebagai berikut :
1.    Mengatasi berat badan berlebihan
Berat badan yang tidak ideal atau sangat berlebihan sangatlah tidak kita harapkan, dikarenakan akan membuat rasa percaya diri kita berkurang.Nah khasiat dari  tanaman sereh bisa menjaga berat badan kita. Kandungan sereh bisa membantu metabolisme tubuh kita dalam meningkatkan oksidasi lemak dalam tubuh.

2.    Membuat Gigi lebih Putih
Warna gigi yang kuning membuat penampilan kita menjadi kurang enak dilihat orang lain, sehingga mempengaruhi rasa percaya diri.Tanaman sereh bisa kita gunakan dalam memutihkan gigi, caranya tumbuk halus batang sereh lalu dicampur dengan arang kemudian kita gosokkan ke gigi kita secara rutin.

3.    Mencegah Infeksi
Kandungan tanaman sereh memiliki zat anti bakteri dan anti mikroba yang berguna dalam mengatasi infeksi pada kulit dan infeksi pada lambung .Saya sarankan agar masakkan yang kita masak ditambah dengan batang sereh, walaupun tidak semua masakan harus mengunakan sereh.

4.    Meningkatkan Fungsi Syaraf
Manfaat lainnya dari tanaman sereh adalah meningkatkan fungsi syaraf, hal ini dikarenakan kandungan dari minyak atsiri yang bersifat dapat menghangatkan tubuh, meredakan kejang, dan melemaskan otot yang kaku.

5.     Mengatasi Kolesterol Jahat
Tanaman sereh memiliki kandungan yang mendukung kolesterol baik, hal ini dikarenakan kandungan zak anti hiperlipidemia dan hiperkolestrolemia di dalam tanaman sereh.Konsumsi tanaman sereh dapat mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat.

6.    Mencegah Penyakit Kanker 
Dari hasil penelitian manfaat sereh bisa mencegah penyakit kanker terutama kanker kulit.Tanaman sereh ini bisa mengobati kanker tanpa mempengaruhi sel –se l tubuh yang sehat.Hal ini dikarenakan kandungan Antioksidan yang ada di dalam sereh yang bisa menangkal radikal bebas pemicu tumbuhnya sel kanker.

7.    Mengatasi Gangguan Pencernaan
Pencernaan yang terganggu bisa kita atasi dengan batang sereh, karena kandungan di dalam batang sereh yang berupa anti mikroba dan anti bakteri yang turut serta membantu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh helicobacter pylori dan Escherichia coli. Sifat Anti inflamasi pada tanaman sereh bermanfaat juga dalam mengatasi sembelit, diare ,perut nyeri dan mual.

8.    Mengatasi Insomnia
Bagi yang sulit tidur atau Insomnia sangatlah bagus untuk mengkonsumsi  sereh yang dicampur di dalam masakan.Karena khasiat tanaman sereh bisa menenangkan otot dan syaraf sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Batang sereh bisa kita buat teh yaitu campuran batang sereh dan ditambah dengan teh , karena teh sereh memiliki kandungan hipnotik sedatif yang membuat tidur kita jadi lebih baik.

9.    Mengatasi Demam
Epek dari kandungan batang sereh yaitu zat anti piretik dapat mengeluarkan keringat.Jadi kalau anda sedang demam lalu mengkonsumsi batang sereh ini bisa menurunkan panas tubuh, karena adanya pengeluaran keringat secara cepat sehingga tubuh menjadi dingin.

10.      Mengatasi Diabetes Tipe II
Manfaat lainnya dari batang sereh ini adalah bisa mencegah  atau mengatasi diabetes Tipe II. Hal ini dikarenakan Batang sereh bisa menjaga tingkat Insulin dan meningkatkan toleransi Glukosa dalam tubuh kita.

11.     Mengurangi Sakit Kepala
Sereh ternyata juga bisa mengurangi rasa nyeri dan rasa sakit dikepala kita, hal ini dikarenakan kandungan sereh bersifat analgesik. Zat Fitonutrien yang bisa meningkatkan sirkulasi darah, sehingga aliran darah kita ke otak menjadi lancar dan mengurangi sakit pada kepala kita.

12.     Sebagai Aroma Terapi
Minyak Atsiri  pada sereh banyak digunakan sebagai aroma terapi, karena epek terapeutik yang dapat menyegarkan tubuh kita. Zat alami pada sereh dapat merangsang sirkulasi darah kita, Sehingga kulit kita menjadi kencang.

13.     Mengatasi Gangguan Pernapasan
Gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek bisa kita atasi dengan sereh, .Sereh sangat manjur dalam  mengatasi penyumbatan hidung dan penyakit pernafasan seperti Asma.

Sebagai akhir dari artikel ini dapat kita simpulkan bahwa tanaman batang serai atau sereh yang nama latinnya Cymbopogon Citrus terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh kita,  jadi tanaman ini tidaklah sia – sia diciftakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Manfaat  yang  sangat jitu itu antara lain Mengatasi gangguan pernapasan, sebagai aroma terapi, Mengurangi sakit kepala, membuat gigi lebih putih dan lain – lainnya seperti yang saya uraikan diatas.
Demikianlah artikel ini dibuat semoga menjadi ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk kita semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »